pengertian Bit

1. Bit

Satuan Ukuran dalam Komputer
Singkatan dari binary digit (angka biner) merupakan satuan data terkecil. Nilainya 1 dan 0, walau keliatan sederhana, tapi kedua angka inilah yang mengalir terus di dalam PC, berpusat dari Processor, Motherboard, Chip Memory sampai ke perangkat-perangat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya.

Bit mengalir sebagai sinyal-sinyal listrik. ibarat saklar, angka 0 berartu off dan angka 1 berarti on. Begitulah rangkaian data yang jumlahnya miliaran bahkan triliunan Bit mengalir bagai orang menekan tombol off/on secara terus menerus. Akan tetapi Bit mempunyai bentuk fisik, pada sebuah CD contohnya, bit tampak sebagai bintik-bintik kecil pada permukaan Disk. Sinar optick CD-Rom Drive memungkinkan membaca dan mengubahnya menjadi sinyal listrik pada komputer.

Bit biasanya tidak pernah berdiri sendiri, makanya baru muncul begitu  terdiri dari sejumlah Bit. Dalam perhitungan biner ada sejumlah komputer yang dipakai, yaitu sistem 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit, dan seterusnya. Dengan sistem itulah komputer membaca, menerjemahkan kembali dan mengolah data, angka, huruf, gambar dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages